Allah Ta’ala mencintai hamba-Nya yang berdoa disepertiga malam yang terakhir.
Allah Ta’ala berfirman tentang ciri-ciri orang
yang bertaqwa, salah satunya:
وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُون
“Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon keampunan”
وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُون
“Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon keampunan”
(QS. Adz Dzariyat: 18)
Sepertiga malam yang paling akhir adalah waktu yang penuh berkat,
Sepertiga malam yang paling akhir adalah waktu yang penuh berkat,
sebab pada saat itu Rabb kita Subhanahu Wa Ta’ala turun ke langit
dunia dan
mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang berdoa ketika itu.
Rasulullah
Shallallahu’alaihi Wasallam:
“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya.
“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya.
Kemudian berfirman:
‘Orang yang berdoa
kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan
Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘”
(HR. Bukhari
no.1145, Muslim no. 758)
Namun perlu dicatat, sifat ‘turun’ dalam hadits ini jangan sampai
Namun perlu dicatat, sifat ‘turun’ dalam hadits ini jangan sampai
membuat kita membayangkan Allah Ta’ala turun sebagaimana manusia
turun dari suatu tempat ke tempat lain.
Kerana tentu berbeza.
2. KETIKA BERBUKA PUASA
Keberkatan lain di waktu berbuka puasa adalah dikabulkannya doa orang yang telah berpuasa,
2. KETIKA BERBUKA PUASA
Keberkatan lain di waktu berbuka puasa adalah dikabulkannya doa orang yang telah berpuasa,
sebagaimana sabda Rasulullah
Shallallahu’alaihi Wasallam:
ثلاث لا ترد دعوتهم الصائم حتى يفطر والإمام العادل و المظلوم
‘”Ada tiga doa yang tidak tertolak.
ثلاث لا ترد دعوتهم الصائم حتى يفطر والإمام العادل و المظلوم
‘”Ada tiga doa yang tidak tertolak.
Doanya orang
yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang
terzalimi” (HR. Tirmidzi no.2528, Ibnu Majah no.1752, Ibnu Hibban no.2405,
dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi)
3. KETIKA MALAM LAILATUL QADAR
Pada malam ini dianjurkan memperbanyak ibadah termasuk memperbanyak doa.
3. KETIKA MALAM LAILATUL QADAR
Pada malam ini dianjurkan memperbanyak ibadah termasuk memperbanyak doa.
Sebagaimana yang diceritakan oleh Ummul Mu’minin
Aisyah Radhiallahu’anha:
قلت يا رسول الله أرأيت إن علمت أي ليلة ليلة القدر ما أقول فيها قال قولي اللهم إنك عفو كريم تحب العفو فاعف عني
“Aku bertanya kepada Rasulullah:
قلت يا رسول الله أرأيت إن علمت أي ليلة ليلة القدر ما أقول فيها قال قولي اللهم إنك عفو كريم تحب العفو فاعف عني
“Aku bertanya kepada Rasulullah:
Wahai Rasulullah,
menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika
aku menemukan malam Lailatul
Qadar?
Beliau bersabda:
Berdoalah:
اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني
Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni
اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني
Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni
['Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf,
maka ampunilah aku'']”
(HR. Tirmidzi, 3513, Ibnu Majah, 3119, At Tirmidzi
berkata: “Hasan Shahih”)
Pada hadits ini Ummul Mu’minin ‘Aisyah Radhiallahu’anha meminta diajarkan ucapan yang sebaiknya diamalkan ketika malam Lailatul Qadar.
Pada hadits ini Ummul Mu’minin ‘Aisyah Radhiallahu’anha meminta diajarkan ucapan yang sebaiknya diamalkan ketika malam Lailatul Qadar.
Namun ternyata Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam
mengajarkan lafadz doa.
Ini menunjukkan bahawa pada malam Lailatul Qadar
dianjurkan memperbanyak doa,
terutama dengan lafaz yang diajarkan tersebut.
4. KETIKA ADZAN BERKUMANDANG
Selain dianjurkan untuk menjawab adzan dengan lafaz yang sama,
4. KETIKA ADZAN BERKUMANDANG
Selain dianjurkan untuk menjawab adzan dengan lafaz yang sama,
disaat azan dikumandangkan pun termasuk waktu yang mustajab
untuk berdoa.
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
ثنتان لا تردان أو قلما تردان الدعاء عند النداء وعند البأس حين يلحم بعضهم بعضا
“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya.
ثنتان لا تردان أو قلما تردان الدعاء عند النداء وعند البأس حين يلحم بعضهم بعضا
“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya.
Iaitu ketika azan berkumandang dan saat perang
berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang”
(HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar
Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Shahih”)
5. DI ANTARA AZAN DAN IQAMAH
Waktu jeda antara adzan dan iqamah adalah juga merupakan waktu yang dianjurkan untuk berdoa, berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:
الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة
“Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih”)
Dengan demikian jelaslah bahawa amalan yang dianjurkan antara azan dan iqamah adalah berdoa, bukan shalawatan, atau membaca murattal dengan suara keras,
5. DI ANTARA AZAN DAN IQAMAH
Waktu jeda antara adzan dan iqamah adalah juga merupakan waktu yang dianjurkan untuk berdoa, berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:
الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة
“Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih”)
Dengan demikian jelaslah bahawa amalan yang dianjurkan antara azan dan iqamah adalah berdoa, bukan shalawatan, atau membaca murattal dengan suara keras,
misalnya dengan menggunakan mikrofon.
Selain tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam,
amalan-amalan tersebut dapat mengganggu orang yang berzikir atau sedang solat
sunnah.
Padahal Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,
لا إن كلكم مناج ربه فلا يؤذين بعضكم بعضا ولا يرفع بعضكم على بعض في القراءة أو قال في الصلاة
“Ketahuilah, kalian semua sedang bermunajat kepada Allah,
لا إن كلكم مناج ربه فلا يؤذين بعضكم بعضا ولا يرفع بعضكم على بعض في القراءة أو قال في الصلاة
“Ketahuilah, kalian semua sedang bermunajat kepada Allah,
maka janganlah saling mengganggu satu sama lain.
Janganlah kalian
mengeraskan suara dalam membaca Al Qur’an,’ atau beliau berkata,
‘Dalam
solat’,” (HR. Abu Daud no.1332, Ahmad, 430,
disahihkan oleh Ibnu Hajar Al
Asqalani di Nata-ijul Afkar, 2/16).
Selain itu, orang yang solat atau membaca Al
Qur’an dengan suara keras di waktu jeda ini, telah meninggalkan amalan yang di
anjurkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, iaitu berdoa.
Padahal ini
adalah kesempatan yang bagus untuk memohon kepada Allah segala sesuatu yang ia
inginkan.
6. KETIKA SUJUD DALAM SOLAT
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد . فأكثروا الدعا
“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud.
6. KETIKA SUJUD DALAM SOLAT
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد . فأكثروا الدعا
“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud.
Maka perbanyakkanlah berdoa ketika itu” (HR.
Muslim, no.482)
7. KETIKA SEBELUM SALAM DALAM SOLAT WAJIB
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
قيل يا رسول الله صلى الله عليه وسلم أي الدعاء أسمع قال جوف الليل الآخر ودبر الصلوات المكتوبات
“Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, Bila doa kita didengar oleh Allah?
7. KETIKA SEBELUM SALAM DALAM SOLAT WAJIB
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
قيل يا رسول الله صلى الله عليه وسلم أي الدعاء أسمع قال جوف الليل الآخر ودبر الصلوات المكتوبات
“Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, Bila doa kita didengar oleh Allah?
Beliau bersabda:
“Diakhir malam dan diakhir solat wajib”
(HR. Tirmidzi, 3499)
Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam Zaadul Ma’ad (1/305) menjelaskan bahwa yang dimaksud
Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam Zaadul Ma’ad (1/305) menjelaskan bahwa yang dimaksud
‘akhir solat wajib’ adalah sebelum salam. Dan
tidak terdapat riwayat bahawa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dan para sahabat
merutinkan berdoa meminta sesuatu SETELAH salam pada solat wajib.
Ahli fiqih
masa kini, Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah berkata:
“Apakah berdoa setelah
solat itu disyariatkan atau tidak?
Jawabannya: tidak disyariatkan. Karana
Allah Ta’ala berfirman:
فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ
“Jika engkau selesai shalat, berzikirlah” (QS. An Nisa: 103).
فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ
“Jika engkau selesai shalat, berzikirlah” (QS. An Nisa: 103).
Allah berfirman ‘berzikirlah’, bukan ‘berdoalah’.
Maka setelah
solat bukanlah waktu untuk berdoa,
melainkan sebelum salam” (Fatawa Ibnu
Utsaimin, 15/216).
NB : SEBAIKNYA BERDOA DI WAKTU ANTARA AZAN DAN IQOMAH,
NB : SEBAIKNYA BERDOA DI WAKTU ANTARA AZAN DAN IQOMAH,
SAAT SUJUD DAN SEBELUM SALAM DALAM SOLAT WAJIB,
WAKTU ITU LEBIH BAIK
DIGUNAKAN UNTUK BERDOA DARI
PADA SAAT SETELAH SELESAI SOLAT
8. DI HARI JUMAAT
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر يوم الجمعة ، فقال : فيه ساعة ، لا يوافقها عبد مسلم ، وهو قائم يصلي ، يسأل الله تعالى شيئا ، إلا أعطاه إياه . وأشار بيده يقللها
“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jumaat kemudian beliau bersabda:
8. DI HARI JUMAAT
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر يوم الجمعة ، فقال : فيه ساعة ، لا يوافقها عبد مسلم ، وهو قائم يصلي ، يسأل الله تعالى شيئا ، إلا أعطاه إياه . وأشار بيده يقللها
“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jumaat kemudian beliau bersabda:
‘Di dalamnya terdapat waktu.
Jika
seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’.
Lalu
beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut”
(HR.
Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)
Untuk lebih jelas mengenai waktu special di hari jumat ini, boleh di semak
Untuk lebih jelas mengenai waktu special di hari jumat ini, boleh di semak
di http:// al-uyeah.blogspot.com/2013/ 02/ kumpulan-kajian-keutamaan-h ari-jumat.html
9. KETIKA TURUN HUJAN
Hujan adalah nikmat Allah Ta’ala.
ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر
“Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun”
9. KETIKA TURUN HUJAN
Hujan adalah nikmat Allah Ta’ala.
ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر
“Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun”
(HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al
Albani di Shahih Al Jami’, 3078)
10. HARI RABU ANTARA ZUHUR DAN ASAR
Sunnah ini belum diketahui oleh kebanyakan kaum muslimin,
10. HARI RABU ANTARA ZUHUR DAN ASAR
Sunnah ini belum diketahui oleh kebanyakan kaum muslimin,
iaitu dikabulkannya doa diantara solat zuhur dan Asar dihari Rabu.
Ini diceritakan oleh Jabir bin Abdillah Radhiallahu’anhu:
“Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam berdoa di Masjid Al Fath 3 kali,
“Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam berdoa di Masjid Al Fath 3 kali,
iaitu hari Isnin, Selasa dan Rabu.
Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, iaitu diantara dua solat.
Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau.
Berkata Jabir : ‘Tidaklah suatu perkara penting yang berat pada saya kecuali
saya memilih waktu ini untuk berdoa,dan saya mendapati dikabulkannya doa saya‘”
Dalam riwayat lain:
فاستجيب له يوم الأربعاء بين الصلاتين الظهر والعصر
“Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, iaitu di antara solat Zuhur dan Asar”
Dalam riwayat lain:
فاستجيب له يوم الأربعاء بين الصلاتين الظهر والعصر
“Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, iaitu di antara solat Zuhur dan Asar”
(HR. Ahmad, no. 14603, Al Haitsami dalam Majma
Az Zawaid, 4/15,
berkata: “Semua perawinya tsiqah”,
juga disahihkan Al Albani
di Sahih At Targhib, 1185)
11. KETIKA HARI ARAFAH
Hari Arafah adalah hari ketika para jama’ah haji melakukan wukuf di Arafah,
11. KETIKA HARI ARAFAH
Hari Arafah adalah hari ketika para jama’ah haji melakukan wukuf di Arafah,
iaitu tanggal 9 Dzulhijjah.
Pada hari tersebut
dianjurkan memperbanyakkan doa,
baik bagi jama’ah haji mahupun bagi seluruh kaum
muslimin yang tidak sedang menunaikan ibadah haji.
Sebab Rasulullah
Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
خير الدعاء دعاء يوم عرفة
“Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah”
خير الدعاء دعاء يوم عرفة
“Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah”
(HR. At Tirmidzi, 3585. Di sahihkan Al Albani dalam Sahih At Tirmidzi)
12. KETIKA PERANG BERKECAMBUK
Dalilnya adalah hadits yang sudah disebutkan di atas:
ثنتان لا تردان أو قلما تردان الدعاء عند النداء وعند البأس حين يلحم بعضهم بعضا
“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minima kecil kemungkinan tertolaknya.
12. KETIKA PERANG BERKECAMBUK
Dalilnya adalah hadits yang sudah disebutkan di atas:
ثنتان لا تردان أو قلما تردان الدعاء عند النداء وعند البأس حين يلحم بعضهم بعضا
“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minima kecil kemungkinan tertolaknya.
Iaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang
berkecamuk,
ketika kedua kubu saling menyerang”
(HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar
Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Sahih”)
13. KETIKA MINUM AIR ZAM ZAM
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
ماء زمزم لما شرب له
“Khasiat Air Zam-zam itu sesuai niat peminumnya”
13. KETIKA MINUM AIR ZAM ZAM
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
ماء زمزم لما شرب له
“Khasiat Air Zam-zam itu sesuai niat peminumnya”
(HR. Ibnu Majah, 2/1018. Disahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah, 2502)
No comments:
Post a Comment